Mau Pakai Baja Ringan Untuk Bangunan, Ini Tips Agar Dapatkan Yang Berkualitas

Memiliki hunian yang nyaman adalah impian dari semua orang. Nah untuk bisa mendapatkan rumah yang nyaman pastikan Anda menggunakan material bangunan dengan kualitas terbaik. Dan salah satunya adalah pemilihan pemasangan atap dengan baja ringan. Penggunaan baja ringan memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan jenis pemasangan konstruksi konvensional. Namun walaupun dibuat dari pabrik baja ringan dengan kualitas terbaik namun tetap saja ada beberapa jenis baja ringan yang tidak masuk kualifikasi sehingga tak baik digunakan untuk rumah Anda. 

Nah, agar tidak salah dalam memilih jenis baja ringan yang tepat untuk bangunan atau rumah Anda, berikut beberapa tips yang harus Anda perhatikan pada saat akan membeli baja ringan dengan lebih cermat, diantaranya:

Cek Kualitas Dari Baja Ringan

Saat ini ada banyak sekali macam dari jenis baja ringan yang tersebar di pasaran Indonesia. Namun penggunaan baja ringan yang aman tentu saja harus yang memiliki kualitas terbaik. Dan salah satunya adalah dengan melihat standar dari nilai tegangan dari tarikan baja ringan itu sendiri. 

Nah, agar baja ringan kokoh untuk menopang atap, maka nilai tegangan tarikan yang dimiliki oleh baja ringan tersebut setidaknya adalah 550Mpa. Dimana jika nilai tegangan dari tarikannya lebih kecil maka akan semakin rendah. Tentu saja ini akan sangat mempengaruhi kekuatan dari baja ringan pada saat akan menopang beban. 

Sesuaikan Jenis Baja Ringan Dengan Jenis Atap

Karena pabrik baja ringan mengeluarkan jenis baja ringan, maka Anda harus menyesuaikan dengan jenis atapnya. Walaupun material dari baja ringan ini sendiri sangat ringan sehingga mudah dalam instalasinya. Namun bukan berarti Anda bisa menggunakan semua jenis baja ringan untuk semua atap. Pasalnya, harus menyesuaikan dengan jenis atapnya apakah ingin menggunakan galvalum, asbes, keramik ataupun beton.

Jumlah Baja Ringan Harus Tepat

Salah satu keunggulan dari penggunaan baja ringan adalah karena sangat mudah di instalasi untuk hampir semua jenis atap dan bentuknya karena sangat fleksibel. Walaupun demikian, jika pemasangan dari baja ringannya kurang tepat maka tentu saja bisa menyebabkan lengkungan dan bisa saja membuat rangka atap menjadi roboh. Itulah mengapa pada saat Anda akan membangun rangka atap maka siapkah jumlah baja ringan yang tepat dan untuk itu lakukan penghitungan kebutuhan dengan tepat. Tujuannya tentu saja untuk menghindari resiko terjadi lengkungan ataupun atap roboh yang sangat beresiko. 

Pilih Yang Bergaransi

Karena ada banyak pabrik baja ringan yang mengeluarkan jenis baja ringan, tentu saja ada banyak kelebihan dan kekurangan dari masing – masing jenisnya. Namun apapun itu, pastikan untuk anda memilih jenis baja ringan yang bisa memberikan garansi material dan juga dipastikan jika baja ringan memiliki daya tarik ketahanan dan kekuatan yang sudah teruji baik. Sehingga ini akan menjadi lebih aman ketika Anda gunakan untuk bangunan rumah.