Mengoptimalkan Conversational Commerce Untuk Bisnis

conversational commerce atau juga bisa disebut sebagai chat commerce merupakan sebuah layanan chat yang wajib ada dalam bisnis online. Dengan chat commerce ini interaksi antara penjual dan pembeli selain meningkatkan pembelian juga kepercayaan kepada penjual oleh konsumen. 

Tips Optimalkan Conversational Commerce

Fitur conversational commerce  memberikan kemudahan untuk berinteraksi dengan pelanggan. Agar conversational commerce dapat meningkatkan penjualan dan kepercayaan konsumen terhadap brand, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti berikut ini:

  1. Selalu tersedia setiap saat. 

Penjualan online memungkinkan transaksi selama 24/7. Oleh sebab itu, agar penjualan online maksimal, pastikan aktifkan fitur chat selalu aktif dan siap dalam melayani pelanggan. Buatlah penelitian jam-jam sibuk kunjungan pelanggan sehingga anda bisa menjadikan sebagai notifikasi / pengingat untuk jam sibuk anda. 

  1. Jawab secepatnya

Ketika berbelanja, pelanggan yang membutuhkan bantuan dari penjual membutuhkan respon secepatnya. Berikan layanan berupa informasi yang akurat mengenai produk yang anda tawarkan. Ada baiknya anda sudah menyiapkan jawaban cepat yang terperinci dan mendetail. Sehingga ketika pertanyaan dilontarkan, anda tinggal copy-paste jawaban yang dipersiapkan. 

  1. Menggunakan fitur Chatbot 

Selain dengan mengaktifkan fitur live chat, anda juga bisa menggunakan fitur chat bot. sesuai dengan namanya, fitur chat bot ini akan secara otomatis membalas pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan oleh bot. Tak perlu khawatir dengan layanan  chat boot ini karena dengan teknologi mutakhir, mereka dapat menjawab pertanyaan dari pelanggan berdasarkan personalisasi bahasan pelanggan. Dengan demikian pelanggan dapat menerima respon serta informasi yang dibutuhkan secepatnya. 

  1. Ramah kepada Pelanggan 

Fitur conversational commerce merupakan suatu fitur yang bertujuan untuk memberikan bantuan kepada pelanggan. Oleh sebab itu, berikan respon yang baik dan tidak kaku sehingga pelanggan merasa nyaman. Jika fitur live chat yang anda berikan bertindak kaku seperti robot, dapat memberikan efek yang tidak nyaman. 

Jika anda ingin menggunakan fitur conversational commerce, sebaiknya perhatikan hal di atas agar fitur berjalan optimal. Demikian beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengoptimalkan conversational commerce pada bisnis online anda.