4 Fitur Penting Yang Sebaiknya Ada Pada Chat E-commerce

Menggunakan chat e-commerce memang bisa memberikan banyak manfaat bagi pemilik website atau toko online. Namun untuk dapat mengoptimalkan penggunaan livechat pada website maka sebaiknya anda mempelajari dulu seluk beluk serta fitur-fitur live chat tersebut. Berikut adalah fitur yang sebaiknya ada pada setiap website.

  1. Greetings 

Chat greeting merupakan fitur yang seharusnya ada pada chat e-commerce. Dengan menyapa para pelanggan melalui chat maka akan terjalin ikatan emosional yang baik antara pelanggan dan pemilik usaha. Sebagai pemilik usaha anda bisa menyesuaikan atau melakukan kustomisasi terhadap greeting atau sapaan yang akan Anda berikan kepada pelanggan.

Sebaiknya gunakan kalimat sapaan yang unik dan ramah sehingga bisa menimbulkan rasa emosional tersendiri terhadap pelanggan. Jika di awal membuka kotak obrolan pelanggan sudah mendapatkan kata sapaan serta kalimat sapaan yang baik maka anda sudah memulai satu langkah baik untuk menjaring minat pelanggan.

  1. Routing

Fasilitas chat routing ini tidak diberikan oleh semua chat e-commerce. Namun bila ada chat routing tentu akan sangat memudahkan anda dalam mengelola live chat. Dengan adanya pemetaan atau perutean obrolan maka helpdesk akan sangat terbantu sehingga bisa memberikan pelayanan yang optimal dan maksimal.

  1. Analytics and Reports

Fitur ini kadang terlewatkan namun merupakan fitur yang paling penting. Melalui fitur ini anda bisa menganalisa kinerja dari livechat anda. Disini akan datang dapatkan informasi tentang berapa banyak cat yang masuk serta berapa chat yang sudah mendapat respon maupun yang belum ter-respon.

Anda juga bisa memantau obrolan melalui fitur ini. Kecepatan live chat toko Anda saat merespon obrolan juga bisa anda baca dari laporan analytic and report. 

  1. Chat Customization 

Mirip dengan fitur pertama dimana anda bisa melakukan kustomisasi terhadap sapaan pelanggan, disini anda bisa kustomisasi terhadap bahasa yang digunakan oleh pelanggan. Sehingga Anda bisa menjangkau pelanggan dengan berbagai bahasa sesuai kastemisasi anda. 

Itulah tadi beberapa fitur yang sebaiknya ada pada chat ecommerce. Chat ecommerce yang dilengkapi dengan semua fitur tersebut akan menjadi chat yang sempurna untuk sebuah website.