Cara Mengatasi Jenis Bearing SKF yang Asli dan Palsu

SKF merupakan salah satu merek bearing yang paling banyak digunakan karena memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi. Jenis bearing SKF memiliki presisi yang kuat dan memberikan kecepatan pada saat perputaran. 

Sampai saat ini pun telah terjual luas di pasaran. Hal ini telah berdampak pada banyaknya bearing palsu yang dijual bebas. Tentu, sangat merugikan konsumen. Untuk itu, Anda harus berhati-hati saat membeli bearing jenis ini. 

Cara Mengatasi Bearing SKF Asli dan Palsu

Bearing banyak ditemui dalam dunia otomotif, benda ini sering dipasangkan pada roda sepeda motor, sepeda listrik, hingga benda lainnya, seperti mesin cuci, mesin tekstil, peralatan olahraga, kipas angin, pompa, dan masih banyak lagi. 

Bearing yang palsu akan sangat mengganggu kinerja dari barang yang akan digunakan. Tak hanya itu, pelanggan juga rugi karena telah mengeluarkan banyak uang untuk membeli barang palsu. Apalagi, bearing adalah komponen yang paling penting. Jika terjadi kerusakan pada waktu pemakaian dapat menyebabkan kecelakaan fatal.

Umumnya, pemalsu produk atau pembajak merek menjual kembali produk yang tidak laku dan melabeli ulang sebagai merek SKF. Memang tidak mudah menentukan produk yang asli dan palsu. Tetapi, cara di bawah ini bisa menjadi solusi agar terhindar dari barang palsu. 

Solusi pertama adalah membeli bearing dari distributor langsung. Hal ini akan mengurangi kemungkinan mendapatkan barang yang tidak orisinil. Meski tidak menutup kemungkinan, tetap ada masih menjual barang palsu. Untuk itu, pilihlah distributor atau toko otomotif yang terpercaya.

Cara berikutnya adalah dengan melihat tampilan pada bearing. Pada bagian plat inner diameter, barang yang palsu memiliki tulisan tipe dan merek yang lebih jelas daripada bearing yang asli. Setiap jenis bearing SKF yang diproduksi memiliki kualitas kontrol, sehingga presisi diameter terstandar. 

Anda bisa menggunakan tabel toleransi bearing SKF dan Mikrometer, bearing dengan toleransi standar yang tidak sesuai, perlu diragukan. Maka dapat dipastikan barang cacat dan gagal produksi. Barang yang asli pasti memiliki toleransi dimensi yang sesuai.

Berapa Harga Bearing SKF?    

Jika ditanya mengenai tarif bearing SKF, sudah pasti harga akan berbeda. Hal ini berpengaruh dari harga jual setiap toko, wilayah yang berbeda, tipe, ukuran, hingga faktor lainnya. Sebagai contoh, bearing SKF dengan tipe 608 2RSH/C3 memiliki harga berkisar Rp. 37.500. Anda hanya perlu menyiapkan budget sekitar puluhan hingga ratusan ribu. . Harga tersebut ditentukan kembali dari setiap penjual.

Mengingat adanya barang palsu, jangan mudah tergiur dengan harga dari jenis bearing SKF yang lebih murah. Bisa jadi itu adalah barang palsu. Memang sedikit merogoh kocek jika membeli barang original. Akan tetapi, tidak ada salahnya, terlebih bearing adalah komponen penting dan harus memiliki kualitas yang terjamin.